Film Review: Bad Education (2004)

Pada mulanya saya mengira ‘Bad Education’ atau ‘La Mala Educación’, menilik judulnya, adalah sebuah film mengenai kritik sosial tentang sistem pendidikan di negara asalnya, Spanyol. Namun, ternyata saya salah. ‘Bad Education’ adalah film tentang cinta, ketidakjujuran dan identitas seksual, dan semua itu di presentasikan oleh Pedro Almodóvar , sang sutradara, dengan gemilang melalui kilas balik, imajinasi, visual yang kaya warna serta perubahan tema dengan secara akurat.

‘Bad Education’ dibuka dengan seorang transeksual cantik yang bernama Zahara (Gael García Bernal) yang menemukan seorang pria yang ternyata adalah cinta pertamanya saat masih seorang pra-remaja disekolah katolik dulu. Ini juga membuka kenangan lama akan prilaku pedophilia yang dilakukan oleh mantan gurunya, Padre Manolo. Zahara kemudian memutuskan untuk melakukan rendezvouz ke sekolah lamanya tersebut dan berencana membalas dendam kepada Padre Manolo yang kini menjabat sebagai kepala sekolah. Cerita kemudian berpindah kepada Ángel (Gael García Bernal) yang menemui teman lamanya, yang kini menjabat sebagai seorang sutradara film, Enrique Godded (Fele Martínez), untuk menawarkan skenario yang dibuatnya. Pertemuan ini membangkitkan kembali kenangan lama mereka selama masih sekolah dulu. Namun kemudian Enrique mulai mencurigai kalau Ángel tidaklah seperti yang diakuinya.

Sebenarnya ‘Bad Education’ masih menyimpan satu plot lagi, namun biarlah kita simpan plot tersebut sebagai elemen kejutan untuk Anda yang belum menontonnya.

Dari keseluruhan plot tersebut, semuanya menampilkan Gael García Bernal yang bermain dalam karakter-karakter yang berbeda. Disini Bernal menunjukkan eksistensinya sebagai aktor muda yang watak dan berkharisma. Pemilihan film-film yang diperankannya semakin menunjukkan kalau ia adalah aktor yang serius. ‘Y tu mamá también’, ‘Amores Perros’, ‘El Crimen del padre Amaro’ dan ‘The Motorcycle Diaries’ adalah film-film penting yang pernah dimainkan oleh aktor kelahiran 30 November 1978 di Guadalajara, Jalisco, Meksiko ini. Sementara, Fele Martínez sebagai lawan main Bernal juga menampilkan akting yang gemilang, sehingga menambah warna film ini. Aktor ini belum seterkenal Bernal, namun dari film ini dapat terlihat jika ia adalah seorang aktor yang watak.

‘Bad Education’ sendiri cenderung berubah-ubah seperti bunglon, dari drama romantis akan cinta pertama berubah menjadi thriller ala Hitchcock. Pedro Almodóvar (All About My Mother), sebagai sutradara, memenuhi film ini dengan imajinasinya yang atraktif namun terkadang liar dan seduktif melalui visual yang kaya warna. Intinya, ‘Bad Education’ tidak berjalan secara linear, melainkan berupa beberapa garis sejajar yang kemudian bersunggingan dalam satu titik kulminasi.

Bagi yang tidak terbiasa dengan tema homoseksualitas dalam film ini mungkin juga akan sedikit jengah, karena Almodóvar adalah seorang sutradara Eropa yang umumnya lebih liberal dalam mengeksplorasi seksualitas dalam film-filmnya.

Hanya saja yang sedikit mengganjal dari ‘Bad Education’ adalah klimaks dari film ini, yang cenderung anti klimaks, sehingga terasa sedikit kurang memuaskan. Namun, terlepas dari itu ‘Bad Education’ adalah sebuah sinema dengan narasi yang mengikat sampai kita menyelesaikan menontonnya secara utuh.

Direkomendasikan!

Advertisements

2 thoughts on “Film Review: Bad Education (2004)

  1. ard says:

    3,5 aja dari saya…film yg ga konsisten..hehe
    ato mgkn gegara sebelum nntn ini saya nntn talk to her..jadi kerasa bgt beda kualitasnya hehehe

    • jalangfilm says:

      Wah, sy tidak setuju jika dibilang tidak konsisten. Justru dia sangat berani bermain dengan beberapa plot secara bersamaan, namun sebenarnya berpusat pada satu karakter.

      Plot2 itu tujuannya kan untuk menekankan kaya dan kompleksnya karakter yg diperankan oleh Gael Garcia Bernal tersebut ;D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s