Knight and Day

Siapa sih Roy Miller (Tom Cruise)? Pertanyaan itu terus berputar di benak June Havens (Cameron Diaz). Berawal dari perkenalan di bandara dan berlanjut dengan fakta mereka menaiki pesawat yang sama. Lantas Roy menghabisi semua orang yang ada di pesawat, termasuk pilotnya. Dengan cekatan Roy kemudian mendaratkan pesawat di ladang jagung. Sama cekatannya dengan membius June hingga pitam. Esoknya June sudah berada di kamarnya. Saat membantu sang adik yang mau menikah dalam mencoba gaun, June didatangi oleh Fitzgerald (Peter Sarsgaard), seorang agen FBI. Sang agen menginformasikan jika Roy adalah seorang buronan yang berbahaya dan June akan diamankan. Eh, June kemudian malah diculik oleh Roy. Dan dengan sangat terpaksa June mengikuti petualangan berbahaya bersama Roy.

June tidak bisa membohongi diri jika ia tertarik pada Roy dalam pandangan pertama. Akan tetapi tindak-tanduk Roy yang misterius membuatnya bingung dengan perasaanya. Roy pun tampaknya suka dengan dengan dirinya. Akan tetapi haruskah dia memercayai Roy? Haruskah dia mencintai Roy dan menerima segenap konsekuensinya untuk itu?

Meski terkesan gelap, namun karakter Roy Miller yang diperankan oleh Tom Cruise ini justru adalah seseorang yang riang dan konyol, namun memiliki kemampuan teknis lapangan yang tidak kalah dari seorang Ethan Hunt (Mission: Impossible). Sedangkan karakter June Havens-nya Diaz adalah tipikal gadis yang nelangsa soal cinta namun tidak kehilangan harapan dan semangat untuk itu.

‘Knight and Day’, sebuah aksi komedi terbaru dari James Mangold (3:10 to Yuma) yang mengandalkan suspensi dari minimnya informasi soal karakter Roy ini. Penonton dan June dibiarkan terlibat secara emosi kepadanya serta menebak-nebak apa, siapa dan motivasinya. Sesekali aksi laga dibenturkan kedalam jalinan plotnya.

Formula komedi romantis pun diterapkan dengan menarik oleh Mangold, dimana karakter-karakter riang gembira dan menggemaskannya terjebak dalam situasi-situasi yang membuat mereka memancarkan chemistry secara kentara. Aksi laga yang tangkas malah semakin mengakomodir situasi komedik nan romantis. Intinya, kalau terbiasa menyimak rom-com, pasti sudah hapal dengan polanya.

Kegemilangan terbesar film ini memang terletak pada koneksi Cruise dan Diaz yang sangat berhasil. Selain sebagai ajang reuni setelah ‘Vanilla Sky’, tampaknya mereka juga tidak ingin kehilangan kesempatan untuk bercentil-ria dalam komedi yang mengizinkan mereka terjebak dalam romansa. Bumbu-bumbu laganya pun dieksekusi Mangold dengan prima dan intens, meski sedikit slapstik.

Masalahnya, saat perlahan tapi pasti identitas Roy yang sebenarnya mulai terkuak, film juga mulai kehilangan gregetnya. Akhir yang dituju tampaknya sudah terbayang-bayang. Lantas, apalagi yang bisa ditawarkan film. Hm, beri saja penonton gepokan aksi. Sayangnya, aksinya sendiri kemudian cenderung menjadi sebuah rutin tanpa eskalasi intensitas dari yang sudah dibangun sebelumnya. Pada akhirnya, bagian paruh akhir hanya menjadi ‘kewajiban’ untuk memberi solusi pada film belaka.

Tidak bisa dinafikan jika ‘Knight and Day’ adalah sebuah film yang menghibur. Sayangnya, meski ada Sarsgaard (An Education), Viola Davis (Doubt), Paul Dano (There Will Be Blood) dan Jordi Molla (Elizabeth: The Golden Age) namun mereka terlibas oleh duet Cruise dan Diaz yang cemerlang. Dan disitulah letak kelebihan sekaligus kelemahan terbesar film, dimana pada akhirnya sistem bintang mengorbankan cerita yang kuat dan mengakar.

Tapi, hey ini kan film musim panas yang kita bicarakan? Sudahlah, mari kita nikmati saja, karena dia adalah segala hiburan yang bisa kita dapatkan di musim ini.

Advertisements

6 thoughts on “Knight and Day

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s