Film Review: The Lost Bladesman (2011)

The Lost Bladesman

Donnie Yen tampaknya kini nama yang terdepan dalam pilihan untuk memerankan karakter-karakter dalam film epik Mandarin. Sepertinya ia tidak terlalu pilih-pilih peran dan mengambil setiap tawaran yang diajukan kepadanya. Coba hitung, dalam beberapa tahun terakhir ini, ada berapa judul film laga yang dengan dirinya sebagai pemeran utama? ‘The Lost Bladesman‘ atau Guān Yúncháng關雲長 bukan pengecualian. Menariknya, kali ini ia memerankan jendral legendaris nan kharismatis dari epos Tiga Kerajaan (Sam Kok)  karya Luo Guanzhong yang bernama Guan Yu.

‘The Lost Bladesman’ mencuplik kisah hidup Guan Yu sebelum ia bergabung secara penuh dengan Liu Bei (Alex Fong) dan menjadi salah satu seteru utama Cao Cao (Jiang Wen). Yang namanya cuplikan, film ini tidaklah seepik ‘Red Cliff’-nya John Woo misalnya, karena memang menceritakan asal muasal saja. Dikisahkan, Cao Cao sangat ingin menarik Guan Yu untuk bergabung dengan dirinya dan meninggalkan saudara angkat Yu, Liu Bei.

Namun Guan Yu sangat setia dengan Liu Bei, sehingga upaya bujuk rayu Cao Cao sama sekali tidak berhasil. Cao Cao kemudian mengetahui jika Guan Yu memiliki rasa ketertarikan yang besar kepada salah satu selir Liu Bei, QiLan (Betty Sun) dan ia kemudian berupaya menjadikan QiLan sebagai pancingan. Namun Guan Yu bergeming. Saat Guan Yu berusaha mengantarkan QiLan kepada Liu Bei yang sebelumnya telah meninggalkan wilayah kekuasaan Cao Cao, sekeleompok orang berupaya menahan laju perjalanan Guan Yu dan juga QiLan, bahkan kalau perlu melenyapkan nyawa mereka.

Sesungguhnya, ‘The Lost Bladesman’ bisa saja menjadi sebuah fragmen kilas balik dalam sebuah cerita yang lebih luas, karena memang memiliki kisah yang sederhana saja. Film sendiri dibagi menjadi dua bagian, dimana paruh pertama adalah perkenalan karakter dan konflik sedang paruh kedua diisi oleh berbagai pertarungan seru saat Guan Yu dan QiLan memulai perjalanan mereka.

Mengingat inti kisah yang cukup singkat dan sederhana, duo sutradara Alan Mak dan  Felix Chong rasanya cukup keteter untuk mengembangkan dramanya, sehingga paruh pertama sedikit bertele dan monoton. Terlalu banyak adegan yang rasanya tidak perlu apalagi dengan kilas-balik yang terlihat repetitif. Barulah, saat adegan laga demi laga mulai mengambil porsinya, ‘The Lost Bladesman’ menunjukkan tajinya. Koreografi laga yang ditata oleh Donnie Yen sendiri tampil dengan begitu seru dan elaboratif. Memanjakan mata juga dipenuhi dengan intensitas yang cukup untuk membuat jantung berdebar.

Sayangnya, teknik sinematografi tidak terlalu membantu adegan-adegan tersebut untuk dapat tampil lebih berkesan. Pilihan beberapa sudut pandangnya membatasi ruang gerak perkelahian untuk dapat tampil lebih mumpuni. Kita kadang keteteran untuk dapat menagkap detil yang seharusnya menjadi andalan dari film sejenis, Apalagi film kemudian ditutup dengan anti-klimaks, sehingga kesan nanggung sult untuk dihindarkan.

Meski begitu, Donnie Yen masih bisa diandalkan untuk menampilkan karakter Guan Yu yang kharismatis, kendati film tidak terlalu mengizinkan dirinya untuk mengeluarkan kemampuan aktingnya secara lebih maksimal. Jiang Wen sendiri menampilkan Cao Cao tidak dalam arsiran hitam-putih yang mencolok, sheingga kesan manusiawi dan membumi dapat kita tangkap dengan baik dan menghindarkan dirinya menjadi villain yang tipikal.

Sejatinya epos Tiga Kerajaan memang memiliki kisah yang luar biasa lebar dan panjang, sehingga menampilkan secuil kisahnya sebagai fragmen memang tidak begitu memuaskan. Film ini bukan upaya yang terbaik untuk menampilkan kisah luar biasa ini, akan tetapi sebagai sebuah film hiburan yang murni menampilkan laga, ia mempunyai kesan tersendiri. Lupakan segala filosofi atau taktik perang yang tersurat dalam kisah besarnya, karena ‘The Lost Bladesman’ adalah one ride of thrill.

starstarstar

Advertisements

6 thoughts on “Film Review: The Lost Bladesman (2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s