The Secret Circle (2011): Early Recap

Di industri pertelevisian Amerika, musim gugur adalah salah satu periode dimana banyak serial baru bermunculan dan berharap untuk mendapatkan perhatian dari calon penonton. Dan tahun 2011 ini juga bukan pengecualian. Dari sekian banyak serial baru, ada beberapa judul yang coba saya simak dan syukurlah pilihan saya tidak salah, karena sebagian besar serial tersebut menarik untuk terus diikuti. Salah satu serial yang kini menjadi agenda rutin minggun saya untuk ditonton adalah The Secret Circle.

Serial yang ditayangkan oleh stasiun televisi CW setiap hari Khamis malam ini merupakan hasil kreasi produser bertangan dingin, Kevin Williamson, yang telah sukses dengan serial remaja lainnya seperti The Vampire Diaries dan Dawson’s Creek. Diangkat dari novel karya L.J. Smiths, lagi-lagi Williamson meramu sebuah serial drama supernatural berbau horor seperti yang telah dilakukannya dengan The Vampire Diaries. Hanya saja kali ini dunia penyihirlah yang menjadi latar belakang konflik yang terjadi dikisahnya. Novel tersebut itu sendiri dikembangkan dalam bentuk serial oleh Andrew Miller (Imaginary Bitches).

Serial berkisah tentang seorang gadis remaja bernama Cassie Blake (Britt Robertson) yang harus pindah dari California, kesebuah kota kecil untuk tinggal bersama neneknya, setelah ibunya meninggal dalam sebuah kecelakaan. Setiba di kota yang bernama Chance Harbor itu, ia langsung merasakan sesuatu yang mengganjal. Terutama karena ibunya telah meninggalkan kota tersebut selama 16 tahun dan tidak pernah kembali sampai ajalnya menjelang. Tidak hanya itu, sekumpulan remaja lainnya, yang terdiri dari Adam Conant (Thomas Dekker), Diana Meade (Shelley Hennig), Faye Chamberlain (Phoebe Tonkin), Melissa Glaser (Jessica Parker Kennedy) dan Nick Armstrong (Louis Hunter) meyakinkan dirinya jika ia adalah seorang penyihir dan bagian dari lingkar penyihir yang diwariskan dari orang tua mereka.

Pada awalnya Cassie tidak memercayai hal tersebut akan tetapi setelah mengalami berbagai peristiwa aneh yang sebenarnya sulit untuk dipercayainya, mau tidak mau ia pun yakin jika dirinya adalah seorang penyihir. Lantas bersama mereka berupaya mencari tahu tentang kekuatan magis mereka tersebut serta alasan mengapa orang tua mereka seolah-olah menutup erat-erat hal ini sebagai rahasia, dan juga menyelidiki kematian orang tua mereka. Kebetulan salah seorang dari orang tua mereka tewas dalam sebuah kecelakaan yang terjadi 16 tahun sebelumnya.

Sampai minggu kedua Oktober, The Secret Circle sudah memasuki episode kelimanya. Pada episode pilot, yang disutradarai oleh Liz Friedlander (The Vampire Diaries, Pretty Little Liars), rasa penasaran penonton sudah dibangun dengan baik. Petunjuk-petunjuk kemana arah konflik sudah mulai diperlihatkan seperti hubungan cinta segitiga yang sepertinya akan terjalin antara Cassie, Adam dan Dianne. Sementara itu karakter senior yang diperankan oleh Natasha Henstridge (sebagai kepala sekolah sekaligus ibu dari Faye, Dawn Chamberlain) dan Gale Harold (sebagai ayah dari Diana, Charles Meade) yang dari tampilan luar terlihat sebagai sosok dewasa ideal, namun ternyata menyimpan agenda gelap tersendiri.

Seperti umumnya serial remaja, maka bumbu-bumbu romansa juga mengambil porsi untuk menambah semarak ceritanya. Akan tetapi syukurlah The Secret Circle sejauh ini cukup konsisten dengan konsentrasi tema gelapnya. Secara perlahan, atmosfir horor pun mulai dibangun. Intensitas semakin tinggi saat episode mulai memasuki episode keempat dimana unsur-unsur supensi dapat berdiri berdampingan dengan dramanya. Pernak-pernik mitos dan fantasi pun mulai diperlihatkan secara lebih ektensif.

Secara umum, The Secret Circle memang tidaklah begitu istimewa. Namun serial dengan cukup konsisten memberi progresi dalam setiap episodenya sehingga tidak terkesan monoton. Selalu ada twist-and-turn yang memaksa kita untuk tetap duduk manis melototi layar kaca dan menunggu perkembangan kisahnya. Rasa penasaran dan dinamika plot yang menjadi syarat mutlak agar penonton tetap setia mengikuti jalan ceritanya sudah dapat dipertontonkan oleh serial ini. Perkembangan karakternya sejauh ini juga sudah cukup meyakinkan. Sebagai tokoh utama, Cassie sudah mulai dapat menarik atensi kita dan untuk kemudian bersedia untuk larut dalam kisahnya.

Per-12 Oktober 2011, musim pertama The Secret Circle sudah mendapat lampu hijau untuk mendapat 22 episode secara penuh setelah sebelumnya diawalkan hanya hadir dalam 13 episode. Tentu saja ini adalah kabar yang menggembirakan. Secara kuantitas, ini adalah indikasi bahwa peminat akan serial ini memang cukup banyak dan signifikan. Meski tidak jauh berbeda dari tipologi serial-serial remaja keluaran CW sebelumnya, namun The Secret Circle cukup memberi angin segar dan variasi dalam tontonan serial remaja yang menghibur.

CW, Thursday nights at 9, Eastern and Pacific times; 8, Central time.

Produced by Outerbanks Entertainment & Alloy Entertainment in association w/ Warner Brothers Television & CBS Television Studios. Created by Andrew Miller. Executive Producers: Kevin Williamson, Mr. Miller, Leslie Morgenstein, Gina Girolamo, Elizabeth Craft (pilot only) &  Sarah Fain (pilot only).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s