Rigor Mortis

Rigor Mortis

Sebagai bintang pop, debut penyutradaraan Juno Mak dalam Rigor Mortis jauh dari kilau gemerlapan atau warna-warni. Tapi, dalam terminologi film horor, jelas filmnya sangat fashionable. Sinematografi dengan visual cantik, tata artistik yang menghimpun aura gelap, serta pancaran atmosfir depresif. Dan tentunya tidak terlupa pamer spesial efek yang mutakhir, meski terkadang agak berlebihan. Yang mengejutkan, untuk sebuah film horor, Mak menampilkan sisi emosional yang kuat.

Sebagai homage kepada subgenre vampire hopping yang dulu beken di era 80-an, ternyata Rigor Mortis menjauhkan komedi dan memilih pendekatan dramatis dengan penekanan pada bangunan emosional tadi. Tentu saja bagi yang biasa menyaksikan seri Mr. Vampire ataupun Close Encounter to The Spooky Kind masih bisa tergelak melihat berbagai referensi yang terdapat dalam film. Lagipula, ada alasan mengapa Mak mengkasting Chen Siu-ho sebagai pemeran utama bukan?

Meski begitu, dengan campur tangan Takashi Shimizu (Ju On) sebagai produser, mau tidak mau film juga meminjam berbagai elemen dari J-Horror sebagai referensi, yang kemudian dibalurkan dalam corak horor Hong Kong. Ternyata hasilnya cukup efektif sehingga Rigor Mortis mampu menjalankan tugasnya dengan baik sebagai sebuah meta-horror dengan penekanan pada horor yang serius.

(4/5)

Advertisements

One thought on “Rigor Mortis

  1. akbar says:

    setelah beberapa kali menonton film ini, saya cukup puas dengan efek2 yang wah serta jalan cerita yang mungkin bagi orang yang baru sekali menonton pasti sedikit bingung tapi dapat membuat kita semakin penasaran dengan isi keseluruhan film ini. sebetulnya saya menantikan lanjutan dari film ini, mungkin rigor mortis 2? semoga saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s