Killers

Killers

Terkadang, kaya akan referensi tidak selalu berkorelasi positif dengan kualitas atau penguasaan materi yang baik. Dan Killers, karya kedua Mo Brothers setelah Rumah Dara (2009) merupakan contoh baik untuk itu. Terlihat mencomot sana-sini elemen dari berbagai film lain, namun tidak benar-benar efektif bertugas sebagai pencerita yang solid.

Menyaksikan filmnya, kita mengerti jika sutradaranya berniat baik untuk membuat sebuah thriller elegan yang tidak hanya mengumbar ketegangan atau kekerasan, namun juga bangunan psikologis yang kental di sesi dramanya.

Pada beberapa bagian ia bertutur seperti sebuah drama subtil yang ingin menangkap kegelisahan sosok-sosok dengan naluri bengis yang menguar. Di sisi lain ia layaknya genre film yang cukup rajin mengeksploitir blood-and-gore. Sayangnya, keduanya tidak berdampingan dengan baik dan tidak ada yang benar-benar tampil kuat. Walhasil, Killers pun menjadi film yang tanggung.

Sebenarnya tidak ada masalah dengan memadukan antara genre film dengan drama. Film-film Takashi Miike atau Shinya Tsukamoto mungkin bisa menjadi contoh kecilnya. Masalah terletak pada penceritaan Mo Brothers yang terasa bertele. Belum lagi ritme film hadir dalam intensitas yang kurang konsisten. Inilah yang membuat Killers terasa seperti film pendek yang dipanjang-panjangkan.

Dari segi teknis, Killers lumayan kompeten dan terlihat cantik. Sinematografi olahan Gunnar Nimpuno selalu bisa diandalkan dalam menciptakan atmosfir dread sekaligus moody dalam kisah dua laki-laki berbeda negara yang terobsesi dengan kematian ini.

Kazuki Kitamura memainkan tugasnya dengan sangat mengesankan dan ini menyebabkan Oka Antara terlihat sangat trying-too-hard. Kurang lebih samalah dengan karakter yang mereka mainkan.

Overall, Killers bukanlah film yang buruk sekali, tapi juga tidak mengesankan. Setidaknya masih ada humor gelap yang sukses menyelamatkan Killers dari jurang kebosanan.

(3/5)

 

Advertisements

One thought on “Killers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s