Sun Kil Moon – Benji

Sun Kil Moon - Benji

Sepuluh atau sebelas tahun setelah debutnya, Ghosts of the Great Highway, Mark Kozelek atau yang lebih dikenal dengan Sun Kil Moon, tetap setia dengan folk-rock. Terbukti dengan album keempatnya Benji, yang masih mengedepankan gitar dan vokal beratnya dalam menyanyikan lagu-lagu yang terdengar sedih, dipenuhi lirik-lirik gelap-kelam, tapi apa adanya, tanpa perlu bunga-bunga kiasan yang dekoratif.

Dalam 11 lagu, Benji terdengar mengadopsi beberapa varian. Mulai I Love My Dad yang terdengar seperti anthem country atau Richard Ramirez Died Today of Natural Causes dan Pray for Newtown yang bisa saja diasosiasikan sebagai grunge jika saja instrumen yang dihadirkan lebih maksimal.

Tapi Sun Kil Moon memang lebih nyaman dengan pilihan minimalistik-akustik guitar-driven untuk membalut lagu-lagunya. Karena lagu-lagu semacam I Can’t Live Without My Mother’s Love, Truck Driver dan Jim Wise memang lebih berhasil dalam menyampaikan esensinya dalam pilihan ini.

Kelebihan Benji adalah bagaimana ia menghadirkan tema-tema yang sebenarnya sederhana, jika tidak mau disebut trivial, menjadi sesuatu yang bernas. Cara menyanyi Kozelek yang terdengar berlarat justru menjadi kekuatan untuk menjadikan topik yang diusungnya menjadi sebuah bangunan kontemplatif.

Dengan ditutup lagu jenaka seperti Ben’s My Friend yang berkisah tentang sahabatnya Ben Gibbard dari Death Cab for Cutie, Sun Kil Moon dalam Benji tidak hanya menawarkan sisi murung tapi juga heartwarming dan menyentuh.

Apakah terlalu dini untuk menyebutkan Benji sebagai salah satu album terbaik di tahun 2014? Well, kita tunggu setahun lagi.

(4.5/5)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s