Bombay Bicycle Club – So Long, See You Tomorrow

So Long, See You Tomorrow

Dalam album keempat mereka, So Long, See You Tomorrow, band asal London, Bombay Bicycle Club (BBC), membawa perubahan yang cukup signifikan. Perubahan bisa berdampak baik, bisa juga tidak. Syukurlah dalam kasus ini perubahan BBC ada dikategori pertama.

Salah satu track, Feel membuka dirinya dengan aransemen India ala Bollywood yang kental, sebelum bermetamorfosa menjadi sebuah anthem disko latin yang menggoda. Uniknya elemen India tadi tidak pernah benar-benar hilang. Jika menggemari Soneta Group, pasti kenal dengan riff gitar yang diusung lagunya. Feel terasa segar dan memikat.

So Long, See You Tomorrow masih mengusung antusiasme BBC yang sama, tapi memang kali ini mereka hadir dengan enerji yang lebih segar (dan memikat). Setiap lagu dalam album ditulis dengan gempuran semangat yang prima, sehingga sulit bagi kita, pendengar, untuk tidak terjebak dalam euforianya.

Dibandingkan A Different Kind of Fix (2011) misalnya, So Long, See You Tomorrow disusun berdasarkan lagu-lagu yang memiliki ritme yang variatif, sehingga tidak terkesan monoton. It’s Alright Now terdengar seperti Foster the People dalam semangat yang lebih lowkey, atau Eyes of You yang melemparkan aura gloomy dengan sempurna, sementara Home By Now jelas terpengaruh oleh ambient RnB,

So Long, See You Tomorrow juga menandakan momen dimana BBC merangkul elektronika dengan lebih erat. Tidak hanya elektro-pop seperti Carry Me yang membaurkan sisi EDM dan rock, tapi juga seperti Luna yang memperkerjakan synth-pop dengan tepat-guna, meski agak sedikit mengingatkan akan M83. 

Kehadiran vokal tamu dari Lucy Rose dan Rae Morris membuat So Long, See You Tomorrow terdengar jauh lebih manis, meski tetap saja ini album yang maskulin. Rock masih mengisi setiap sendirinya. Namun BBC juga membuktikan jika musik pop pun tidak terlantas harus selalu dirangka dari beton-beton bubble-gum. Materi yang eklektik ternyata pun tak kalah kuatnya.

(4/5)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s