Winter’s Tale

Winter's Tale

Akiva Goldsman mungkin merupakan seorang penulis naskah yang baik. Bahkan sudah pernah dianugerahi Oscar untuk kinerjanya dalam A Beautiful Mind (2001). Sebagai sutradara, ia masih menyisakan banyak pekerjaan rumah dalam debutnya, Winter’s Tale.

Diangkat dari novel drama fantasi karya Mark Helprin, Winter’s Tale becerita tentang kisah cinta seorang pencuri jalanan, Peter Lake (Colin Farrell), dan gadis kelas atas, Beverly Penn (Jessica Brown Findlay, dari Downton Abbey). Tidak hanya ancaman mantan boss Peter yang kejam, Pearly Soames (Russel Crowe), penyakit kronis Beverly mengancam hubungan mereka.

Mengadaptasi novel menjadi film bukan perkara gampang. Goldsman tahu itu. Ia sudah berpengalaman dengan The Da Vinci Code (2006) misalnya. Tapi entah mengapa ia seperti tergagap saat menulis Winter’s Tale. Ia terlalu memfokuskan pada hubungan romansa Peter dan Beverly hingga terlupa untuk membangun pondasi yang solid agar jalan ceritanya lebih kokoh atau menutup lubang-lubang supaya terlihat meyakinkan. Film menyisakan banyak pertanyaan daripada proposisi.

Untungnya, ada guna juga ia memfokuskan pada romansa, karena tidak hanya didukung chemistry kental antara Farrel dan Brown Findlay, Goldsman punya cukup kemampuan yang kompeten dalam membangun sisi emosionil yang menyentuh. Ada kesedihan dalam hubungan mereka namun tidak lantas terjatuh dalam kecengengan yang absurd. And that’s the beauty of it.

Winter’s Tale mungkin tidak bekerja dengan baik sebagai fantasi. Juga bukan film keluarga yang mumpuni. Heck, bahkan Hallmark Channel punya film dengan esensi yang lebih konsisten. Tapi sebagai dongeng tentang cinta, ia cukup manis, asal saja mau meminggirkan kelemahan-kelemahannya tadi.

(3/5)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s