Linkin Park – The Hunting Party

Linkin Park - The Hunting Party

Linkin Park tahun ini ternyata punya niat untuk kembali merilis album baru. Tapi mereka tidak ingin tampil sama. Maka lahirlah The Hunting Party yang memberikan banyak catatan dalam karir mereka. Pertama, album ini diproduseri langsung oleh anggota Linkin Park, Mike Shinoda dan Brad Delson bersama dengan Emile Haynie dan Rob Cavallo (tidak ada Rick Rubin kali ini) dan kedua, hilangnya sentuhan elektronika dalam musik mereka dan kembali ke rock yang lebih organis.

Guilty All the Same adalah single pertama dari The Hunting Party dan lagu ini sama sekali tidak memperkerjakan elemen elektronika. Murni kekuatan instrumen yang dimainkan dengan penuh tenaga dan bertempo kencang. Bahkan saat rapper tamu Rakim hadir, kekuatan instrumen organis tadi tetap dijaga. Pilihan yang cukup berani bagi mereka.

Sementara dalam Until It’s Gone Linkin Park tampaknya ingin kembali ke awal karir dengan single ini. Mulai dengan synth sebagai pembuka hingga dentuman rock mid-tempo yang moody. Hasilnya cukup mengesankan.

Dan mungkin itu hanya sedikit dari peran Joe Hahn secara maksimal di album ini. Begitu juga dengan Mike Shinoda yang meski masih diberi tempat untuk melakukan demonstrasi rap di sana sini, tapi track-track yang terdapat dalam The Hunting Party memang lebih condong pada distorsi rock alternative dan metal. Kehadiran beberapa bintang tamu pun tampaknya memberi pengaruh pada lagu-lagunya.

Dalam Rebellion, yang mengundang Daron Malakian dari System of a Down, lagu pun terdengar sangat….System of a Down. Sedang kehadiran sosok legendaris Tom Morello, gitaris Rage Against the Machine, membuat lagu intsrumental Drawbar terdengar begitu dramatis dan operatis.

Secara garis besar, The Hunting Party dipenuhi dengan track-track yang mengusung tempo cepat, berderap, enerjetik serta Chester Bennington yang berteriak sangar. Mark The Graves, War, atau Keys to Kingdom yang bertugas sebagai pembuka album, mengandalkan gebukan drum maksimal, distorsi yang sengit dan enerji yang seolah tanpa batas. It’s about extensive rock; metal, hard rock, punk, you named it.

Dengan konsentrasi pada Bennington yang bernyanyi dengan kecepatan prima, oleh karenanya tidak heran jika Shinoda terdengar seperti bintang tamu saja di album ini ketimbang menjadi salah satu poin penggerak dalam lagu-lagunya sebagaimana yang dulu. Praktis Shinoda terdengar menononjol hanya di track seperti War dan itu pun terdengar seperti featuring artist.

Bagi yang kangen Linkin Park yang “lawas”, tenang, mereka masih menghadirkan track seperti Final Masquerade yang mengandalkan rock yang moody dan Bennington yang bernyanyi dengan lebih melodik serta (sedikit) imbuhan elektronika. Dan entang mengapa, di tengah deru riuh lagu-lagu yang terdapat dalam album ini, Final Masquerade terdengar seperti oase yang memberi jiwa.

Tidak ada salahnya jika Linkin Park berniat untuk melakukan transgresi dalam gaya bermusik mereka. Mereka bukan musisi pertama yang melakukannya. Coba tanya saja pada Limp Bizkit misalnya. Hard rock yang diusung The Hunting Party pun sebenarnya tidak bergerak terlalu jauh dari Hip Metal/Nu Rock yang dulu mereka bawakan.

Hanya saja, The Hunting Party terdengar seperti tidak memiliki benang merah. Setiap lagu nyaris terdengar berbeda antara satu sama lain, seolah-olah Linkin Park ingin mencoba semua sub-genre rock yang ada. Setiap lagu dikerjakan dengan teknis yang mumpuni, tapi sulit untuk menangkap arah yang sebenarnya ingin dituju oleh mereka ke depannya.

Tentu The Hunting Party bisa dikategorikan sebagai album transisi, sehingga catatan tersebut bisa dimaklumi. Lagipula album ini masih mampu memberikan riak ritme yang atraktif. Bukan jenis album yang akan memberi impresi lebih pada catatan karir Linkin Park sebenarnya, akan tetapi jika tugasnya sebagai “jembatan” menuju gaya bermusik Linkin Park selanjutnya, bolehlah.

(3/5)

Advertisements

One thought on “Linkin Park – The Hunting Party

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s