Kaskade – Redux EP

Kaskade - Redux-EP

Semenjak Disclosure sukses mengembalikan Deep House sebagai bahan lirikan, tidak mengherankan jika sub-genre house ini kemudian menjadi bagian dari EDM waves yang kini tengah mewabah. Terbit nama-nama baru yang patut diperhitungkan seperti Gorgon City, Route 94 atau solois-solois seperti Jess Glynne atau Kiesza.

Ryan Raddon, atau yang biasa dikenal sebagai Kaskade, DJ dan produser asal Amerika, sebenarnya tidak asing dengan Deep House. Bahkan dalam album teranyarnya, Atmosphere, yang dirilis akhir tahun lalu, pun menghadirkan beberapa komposisi Deep House, meski Progressive House adalah menu utama. Namun, tak lama berselang, ia merilis sebuah EP bertajuk Redux yang menghadirkan Deep House secara penuh.

Meski dibuka dengan sebuah nomor electro-ballad bertajuk Please Say You Will (dengan Adam Klopp pada vokal), Redux diisi oleh empat track lain yang mengedepankan semangat Deep House dengan maksimal. Mulai dari Sweet Love yang terdengar manis, Catalyst yang atmosferik, Yep yang menghentak dengan sedikit imbuhan UK-Garage dan Ain’t Gotta Lie yang berderap sebagai penutup.

Kaskade tidak sendiri di sini. Ain’t Gotta Lie dibantu oleh deCarl, Yep dibantu oleh Amtrac dan Catalyst adalah hasil kerjasama dengan Wild Children. Kehadiran para kolaborator (yang bisalah disebut para pendatang baru) ini membuat aransemen Kaskade terdengar sedikit berbeda dari biasanya. Meski jujur saja agak mengingatkan akan komposisi musisi lain, tapi Kaskade patut dipuji mampu menghadirkan track-track yang meski terdengar familiar namun tidak terdengar repetitif. Mapan, kompleks, tapi tetap gampang dicerna.

Mungkin saja Redux adalah upaya Kaskade untuk menunjukkan skillnya dalam arena Deep House. Mungkin juga ia hanya terbawa arus. Namun yang pasti, Kaskade adalah sebuah EP yang memuaskan untuk disimak dan membuat kita merasa jika 5 track ini terasa terlalu sedikit. We want more!

(4/5)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s