Jason Mraz – Yes!

Jason Mraz - Yes!

Jason Mraz selalu bergerak menuju perubahan. Itu dapat kita cermati mulai dari album debutnya, Waiting for My Rocket to Come (2002) hingga album terakhirnya, Love Is a Four Letter Word (2012). Dan dua tahun kemudian, ia kembali dengan album kelimanya, Yes!, yang lagi-lagi menjanjikan sebuah pergerakan musikal yang berbeda.

Tapi tidak benar-benar berbeda. Pop rock masih menjadi landasan lagu-lagu yang terdapat dalam album ini. Hanya saja, mengharapkan ia untuk tampil “badung” seperti yang pernah ditunjukkan dalam album debut dan sophomore-nya, Mr. A–Z (2005), maka buang harapan itu jauh-jauh. Yes! terdengar seperti sebuah sekuel dari Love Is a Four Letter Word, namun dengan lagu-lagu yang terdengar lebih matang dan dewasa.

Yep! Yes! adalah album yang berisi lagu-lagu yang menghadirkan irama yang lebih tenang, kumpulan balada dan lagu-lagu mid-tempo lainnya. Dan ini sudah diindikasikan dengan dengan Love Someone. Lagu ini adalah apa yang bisa kita harapkan dan juga tidak dari seorang Jason Mraz. Namun bukan berarti buruk. Justru kebalikannya. Dibuka dengan gitar akustik, Love Someone mengingatkan akan lagu-lagu pop-folk-balada ala Mraz. Kemudian aransemen menghadirkan pop yang lebih menyeluruh, meski Mraz tetap menyanyikan dengan gayanya yang kita kenal.

Coba dengarkan Quiet yang terdengar sedikit dicampur dengan sentuhan country. Mraz bernyanyi dengan lirih sementara aransemen menghadirkan musik latar yang melantun dengan tak kalah lembut. Lagu ini begitu menghanyutkan hingga sulit untuk tidak larut di dalamnya. Ada pula Long Drive yang meski memiliki ketukan drum ala perkusi yang atraktif, tapi harmonisasi vokal antara Mraz dengan penyanyi latar membuat lagunya terdengar begitu mengharu-biru.

Album juga memiliki track-track lain seperti Best Friend yang manis, Out of My Hands yang kental dengan nuansa folk, dan kembali menghadirkan konsep country dalam You Can Rely On Me atau balada gloomy A World with You, yang membuat patah hati tetap terdengar merdu ditelinga.

Simak juga It’s So Hard to Say Goodbye to Yesterday yang beratmosfir gospel yang tidak mengherankan mengingat ini merupakan lagu cover dari hits G.C. Cameron, (yang kemudian dipopulerkan kembali oleh Boyz II Men). Tapi uniknya Mraz bisa memasukkan ciri khasnya dengan tepat ke dalam ruh lagunya sehingga terdengar seperti milik Mraz seutuhnya, tapi tanpa menghianati gaya asli dari lagunya.

Yang merindukan Mraz yang lama tidak perlu kuatir, karena ia masih menghadirkan track-track seperti Back to the Earth yang mengedepankan ukulele sebagai instrumen pengiring utama, 3 Things yang memadukan antara soul dan folk, dan Hello, Your Beautiful Thing yang menghadirkan gaya bernyanyi Mraz yang meliuk-liuk yang dulu pernah menjadi andalannya.

Yes! Memang banyak hal yang menjadi ciri khas Mraz absen di album ini. Tapi sebenarnya tidak merasa aneh juga. Mungkin Mraz merasa ia perlu untuk bergerak maju menuju sisi dewasa dirinya. Dan ini sangat terasa pada Yes!

Pemilihan pada lagu-lagu dengan format akustik membuat Yes! terdengar sangat breezy, apalagi didukung dengan kesengajaan memberi tempo yang relatif sedang hingga pelan, sehingga secara pace Yes! terasa lambat. Album terdengar seperti soundtrack malam hari yang romantis ketimbang menjadi teman di kala siang yang riuh.

Namun, dengan segmentasi seperti ini, Mraz justru menunjukkan kelasnya. Ia menunjukkan sisi dewasa dirinya. Tidak ada lagi ledakan emosional. Lagu-lagu melantun dengan aliran yang tenang dan lembut. Album juga menunjukkan kematangan secara musikal, dimana setiap track disusun dengan presisi yang pas, sesuai dengan aspek tematis yang dikandungnya.

Meski We Sing. We Dance. We Steal Things. (2008) masih merupakan magnum opus dari seorang Jason Mraz, akan tetapi Yes! jelas sebuah album yang menunjukkan kematangan dirinya. Sebuah album pop-akustik yang berkelas dan mengesankan. Sangat sayang untuk dilewatkan, baik bagi penggemar setianya, maupun penikmat musik sejenis.

(4/5)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s