Iggy Azalea – The New Classic

Iggy Azalea - The New Classic

Hate her or love her, Iggy Azalea merupakan nama panas di skena musik dunia saat ini. Rapper 24 tahun asal Australia bernama asli Amethyst Amelia Kelly sukses menaklukkan kerasnya industri musik Amerika dengan single anthem musim panas tahun ini, Fancy, yang bertengger selama 7 minggu di tangga lagu Billboard Hot 100. Tidak heran jika album debutnya ditunggu oleh banyak orang. The New Classic judulnya. Dan apa yang dibicarakan Azalea dalam album ini?

Fancy memang bisa disebut sebagai highlight dari album ini. Dengan hadirnya penyanyi Inggris yang tengah naik daun, Charli XCX, Fancy pun tak luput menghadirkan pengaruh Charli dalam Fancy, yaitu edgy Electro-pop, dengan penekanan lebih pada edgy-nya. Iggy Azalea ngerap dengan cool, sementara Charli XCX memberi emosi pada chorusnya. Kolaborasi apik dua bintang muda berbakat ini membuat Fancy menjadi begitu mengesankan.

Tapi The New Classic tidak hanya memiliki Fancy. Ia juga punya Change Your Life misalnya yang menampilkan rapper Amerika, T.I., untuk mengisi bagian verse. Di sini Iggy Azalea mencoba tampil dengan lebih edgy dan sedikit mengambil imbuhan rock. Bertempo cepat dan rapat, Change Your Life memang tidak se-catchy dan danceable ala Bounce misalnya, akan tetapi tetap menampilkan kekuatan dirinya sebagai rapper. Ini bukan kali pertama T.I. dan Azalea bekerjasama. Sebelumnya ia sudah membantu T.I. dalam single No Mediocre atau Hustle Gang misalnya.

Katy Perry merupakan salah satu penulis lagu dari Black Widow, sehingga tidak mengherankan jika Rita Ora yang menjadi featuring artist Iggy Azalea di single ini terdengar begitu Katy Perry-ish. Apalagi ada Stargate dan Benny Blanco yang biasa bekerjasama dengan Katy Perry juga terlibat di dalamnya. Gelap, tapi tetap terdengar catchy. Sementara rap ala Iggy tetap terdengar “fancy” seperti biasanya. Kolaborasinya dengan Ora juga cukup kompak.

Di album ini Azalea memang bisa diandalkan untuk memberikan kita lagu Hip-hop yang seru dengan memadukan unsur-unsur Dance dan Electro-pop yang kental dengan menyetir beat-beat yang terdengar riuh. Nomor Trap seperti Work atau Electro-Hip-hop seperti New Bitch terdengar begitu renyah dan kekinian.

Namun Azalea tampaknya memang ingin memasukkan sound-sound yang terdengar Oldskool dalam The New Classic. Goddess terdengar seperti lagu yang akan dinyanyikan oleh Missy Elliot dalam masa jayanya. Atau dalam Impossible is Nothing yang membuatnya ia terdengar seperti Eminem dalam wujud perempuan. Sementara dalam Lady Patra ia meniupkan tuh 90-an dengan kental.

Dan mungkin itu yang menjadi alasan pemilihan judul album, karena jujur saja lagu-lagu dalam album rasanya masih jauh dari kata klasik. Meski begitu harus diakui jika Azalea adalah rapper yang bernas. Ia memiliki ciri khas dalam rappingnya yang membedakan dirinya dengan rapper perempuan terdepan masa kini seperti Nicki Minaj atau Azealia Banks misalnya.

Azalea pernah menyebutkan jika awalnya ia menolak untuk membuat album dengan pengaruh pop. Sayangnya, saat mendengarkan The New Classic sulit untuk menafikan jika pop terasa kental mewarnainya, meski Hip-hop jelas menjadi acuan utama. Pada beberapa bagian kita bisa merasakan pergulatan antara kedua sub-genre ini untuk saling mendominasi. Kadang satu piihak menang, kadang keduanya hadir secara berimbang.

The New Classic mungkin bukan album debut yang istimewa. Tapi seperti yang disebutkannya dalam track Trap bergelora, Fuck Love, Azalea ingin menekankan jika ia disini untuk tinggal tanpa perduli ia dicintai atau tidak. Mungkin ia adalah seorang sensasi pop baru yang percaya dengan kekuatan dirinya. Mungkin ia masih berbicara dalam tataran pop tanpa kedalaman yang subtil dalam lirik-liriknya. Tapi ia mungkin akan berada lama dalam industri musik karena tidak hanya memiliki single-single catchy tapi rapper dengan ciri dan identitas yang khas jelas menjadi kekuatan utamanya untuk bertahan. Ditunggu gebrakan selanjutnya.

(3.5/5)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s