Girls’ Generation – The Best

Girls Generation - The Best

Semenjak mulai berkarir di tahun 2007, girl-group Korea Selatan, Girls’ Generation atau yang juga dikenal dengan So Nyeo Shi Dae (SNSD), terus merilis single demi single, EP demi EP dan juga album demi album. Tapi mereka tampaknya belum berminat untuk merilis sebuah album kompilasi hits. Meski demikian, untuk karir mereka di skena musik pop berbahasa Jepang, SNSD ternyata merilis album The Best yang berisi hits single mereka.

SNSD mulai mengembangkan karir mereka dengan mengeluarkan album berbahasa Jepang di tahun 2010 yang kemudian diresmikan dengan perilisan album debut berjudul Girls’ Generation di tahun 2011. Album ini berisikan banyak lagu-lagu Korea SNSD yang diterjemahkan dalam bahasa Jepang, seperti Genie, Gee, Run Devil Run dan Hoot, disamping juga lagu-lagu baru khusus untuk album ini seperti hits Mr. Taxi.

Yang patut untuk diperhatikan, dalam album berbahasa Jepang, SNSD rutin dalam merilis album setiap tahunnya. Menyusul di tahun 2012, mereka merilis album kedua yang bertajuk Girls & Peace. Di album ini kita hanya akan menemukan satu lagu “konversi” yaitu Oh, karena mayoritas isi album ini adalah lagu-lagu baru, seperti Flower Power, Paparazzi dan balada cantik All My Love is For You.

Memasuki 2013, SNSD merilis semacam sekuel untuk Girls & Peace, yaitu Love & Peace, yang merupakan album Jepang ketiga mereka. Dan di album ini keseluruhan materi merupakan lagu-lagu orisinil dan menelurkan hits seperti Beep Beep, Galaxy Supernova, dan Love & Girls.

Meski begitu, disisipkan juga single-single hits bahasa Korea SNSD yang tidak terdapat dalam album berbahasa Jepang mereka seperti The Boys dan Hoot yang kini ditampilkan dalam bahasa Jepang.

Nah, hits-hits yang tersebut di ataslah yang menjadi kompisisi dari album The Best milik SNSD ini. Album ini memang tampaknya diniatkan sebagai catatan kaki atas sejarah karir SNSD selama berkecimpung di skena musik Jepang, yang ditandai dengan urutan track album yang disusun secara kronologis tahun rilis.

Pada awal karir mereka, SNSD pernah dituduh sebagai epigon dari Pop Idol populer Jepang, Morning Musume. Akan tetapi dalam perkembangan karir mereka, Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona dan Seohyun membuktikan jika mereka memiliki ciri khas mereka sendiri yang membedakan. Apalagi gaya bermusik mereka terus berkembang semakin edgy ketimbang bermanis-manis seperti di awal kemunculannya.

Hal inilah yang terangkum dengan jelas dalam album The Best. Kita bisa melihat perkembangan arah musikalitas Girls’ Generation dengan cukup baik melalui album ini. Bagaimana musik dan juga teknik vokal mereka bergerak ke arah yang lebih baik. Yang pasti, album The Best ini akan sangat menyenangkan untuk disimak mengingat semua hits mereka terangkum di sini. Untuk versi lain, kita bahkan bisa menikmati beberapa lagu baru. Sayangnya, yang beredar di Indonesia adalah versi standar seperti ini.

Tentunya kita tidak mengharapkan ini merupakan album terakhir dari Girls’ Generation alias SNSD dan terus berkarir dalam memberikan kita lagu-lagu pop yang catchy dengan hook yang kuat, seperti yang telah terpetakan dengan baik dalam album The Best ini.

(3.3/5)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s