July Talk – Self Titled

July Talk

Meski sering dipandang remeh, tapi skena musik Kanada sebenarnya memiliki banyak nama yang kini populer di industri musik dunia. Meski mungkin akan lama menyusul kesuksesan Arcade Fire misalnya, tapi band pendatang baru July Talk tampaknya siap menambah nama dalam daftar musisi Kanada yang merambah ranah global. Mereka hadir dalam album debut mereka, sebuah album self-titled yang menawarkan kekuatan musikalitas mereka di genre rock.

Mendengarkan album debut dari kumpulan yang terdiri atas dua vokalis Peter Dreimanis dan Leah Fay, dan didukung oleh gitaris Ian Docherty, pembetot bas Josh Warburton serta penggebuk drum Danny Miles, sontak kita akan mengasosiasikan musik mereka dengan The White Stripes atau The Black Keys, tapi dengan pendekatan yang lebih “ringan” yang terkadang mengingatkan akan Yeah Yeah Yeahs atau, yup benar sekali, Paramore.

July Talk meracik musiknya dengan memadukan antara rock n’ roll, indie rock, blues dan juga pop-rock. Ini menjadi kekuatan meski juga menjadi kelemahan juga. Mendengarkan July Talk, terkadang albumnya terdengar “belang-belang”, dengan arsiran warna musik yang berbeda-beda antara satu dengan lagu yang lain yang menyebabkan album ini terdengar kaya sekaligus memiliki tone yang cenderung tumpang tindih.

July Talk seolah tidak peduli jika setelah track lembut yang melantunkan retro-pop dengan sentuhan rock yang sangat minimalis, seperti Don’t Call Home, segera disambung dengan garage-rock yang meriah dan enerjetik serta kaya bebunyian semacam Univited.

Atau seperti nomor pop-rock up-tempo dengan tone yang cerah seperti Headsick, mengandalkan ritme yang intens, yang kemudian disusul dengan Gentleman yang jauh lebih gelap dan pekat dengan nuansa blues. Kadang track-track ini seperti lagu-lagu yang dinyanyikan oleh band yang berbeda, dan membuat July Talk bagaikan sebuah album kompilasi.

Tapi, terlepas dari itu, July Talk memang album yang kaya warna serta dikerjakan dengan teknis yang cukup mencuri perhatian. Track-track yang telah mempopulerkan mereka seperti Guns + Ammunition atau Paper Girl memperlihatkan kekuatan July Talk dalam menginfusi blues dengan sempurna dalam rockabilitas mereka.

Simak juga Blood + Honey yang memadukan antara vokal berat dan gahar milik Peter Dreimanis dengan nyanyian manis Leah Fay dengan sangat padu. Edgy and gritty, meski lagunya juga terdengar cantik dan tentunya ringan untuk dicerna. Semangat catchy dan easy listeningmemang banyak ditemukan dalam July Talk, sebutlah seperti Summer Dress atau Someone, terlepas apakah lagu-lagunya dikerjakan dengan rock kental berada di benak.

Kekuatan July Talk memang bertumpu pada bagaimana Dreimanis dan Fay saling bekerjasama dalam menyanyikan lagu-lagu dalam album ini. Jenis dan timbre vokal yang jauh berbeda ternyata dapat kompak saling memilin dan menjadi penggerak lagu-lagunya. Tentunya tidak dilupakan enerji yang dihasilkan oleh komposisi instrumen oleh Docherty, Warburton dan Miles yang menjadi pembungkus vokal dan memberikan kekuatan bagi lagu-lagunya. Komposisi mereka terasa tulus, atau terjebak plagiasi, meskipun cenderung mengadopsi, ketimbang benar-benar menemukan gaya bermusik sendiri.

Album July Talk sebenarnya sudah dirilis di tahun 2013 melalui konsep independen. Tapi berkat kreasi karya mereka yang memang pantas untuk mendapat perhatian, tahun ini album ini kembali dirilis dengan skala yang lebih luas alias global dan melalui label besar pula.

Ada sedikit perbedaan dalam komposisi track antara album saat dirilis ulang dengan materi saat pertama kali dilepas. Akan tetapi secara umum album ini sudah menggambarkan peta musik dari July Talk. Meski mungkin tidak terlalu istimewa, namun jelas July Talk menghadirkan sebuah album yang memberikan materi rock yang sangat menarik untuk disimak.

(3.5/5)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s