Jack Ü – Skrillex and Diplo Present Jack Ü

Salah dua nama terdepan dalam skena EDM masa kini, Skrillex dan Diplo, sudah tidak asing dengan yang  namanya proyek kolaborasi. Tapi bagaimana jika keduanya justru yang berkolaborasi? Maka terbentuklah Jack Ü yang memberikan apa yang kita kenal dari keduanya dalam sebuah perpaduan yang ekplosif dan tersajikan dalam sebuah album berjudul “Skrillex and Diplo Present Jack Ü“.


Sebelumnya Jack Ü menghadirkan sebuah single perkenalan berjudul ‘Take Ü There’ yang secara vokal diisi oleh Kiesza. Alih-alih deep house sebagaimana yang biasa disajikan penyanyi asal Kanada tersebut, Jack Ü justru mengajak Kiesza untuk menjadi pemimpin laju sebuah track trap yang menggelegar. Ketukan drum yang berderap, khas trap, menjadi teman vokal Kiesza yang kali ini tertantang untuk bernyanyi dengan lebih intens dan powerful. Sebuah kolaborasi yang sangat menjanjikan, karena lagunya terdengar khas dan cukup berbeda dengan kebanyakan EDM generik yang banyak beredar saat ini. Belum lagi saat Missy Elliot hadir di versi remix, yang membuat lagunya terdengar lebih menggelegar lagi.

Dengan sukses ‘Take Ü There’, tentunya harapan pun menjadi besar akan album yang akan dirilis oleh Jack Ü. Dan saat secara mendadak album berjudul “Skrillex and Diplo Present Jack Ü” dirilis, bisa dikatakan harapan tersebut cukup terbayarkan.

Sebagai sebuah album EDM, tentunya album ini juga memiliki koleksi artis yang menjadi pengisi vokal. Menarik bagaimana pilihan penyanyi yang terlibat di album ini juga cukup beragam, mulai dari rapper seperti 2 Chainz hingga mantan teen-popster, Justin Bieber. Uniknya lagu-lagu yang menghadirkan mereka, selain ‘Take Ü There’, merupakan track-track terbaik di album ini.

Trap masih menjadi menu utama dalam ‘Febreze’, track dimana 2 Chainz menjadi pemegang komando. Yang membuat track ini stand out, karena ia tidak melulu mengejar suasana pesta dengan dentum yangcatchy, tapi juga menghadirkan estetika edgy yang tebal, lengkap dengan imbuhan deru dubstep segala, yang merupakan hasil produksi yang cukup tertata rapi.

Yang menarik memang bagaimana Jack Ü menjadikan kedewasaan Justin Bieber menjadi senjata utama dalam track ‘Where Are Ü Now’. Vokal Bieber terdengar begitu halus, melantun dengan lembut, memberi penekanan emosional dengan takaran yang pas, tanpa harus terdengar meledak-ledak, meski musik latar terdengar begitu intens. Jika ini menjadi penanda akan lagu-lagu Bieber di masa dewasanya, maka jelas merupakan penanda yang sangat baik.

Jangan sampai terlewat pula kolaborasi antara Jack Ü dengan duo electro-indie-pop asal Inggris, AlunaGeorge. Nuansa ambient ala AlunaGeorge memang cenderung mendominasi, walau tentu saja Jack Ü senantiasa rajin memberi imbuhan trap dan dubstep ke dalamnya. Menarik bagaimana di awal lagu terdengar seperti sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Ellie Goulding.

Sisa lagu lain cenderung bermain aman, dalam arti adalah lagu-lagu EDM meriah, teman pesta dengan beat yang catchy dan hook yang menjual. Bukan berarti jelek, karena track seperti ‘Mind’ (featuring Kai) atau house bertemu dancehall dan dubstep  dalam ‘Jungle Bae’ (featuring Bunji Garlin) masih memberikan hiburan dalam kelasnya tersendiri, hanya saja cenderung mudah terlupakan, kalau tidak mau disebut jenerik.

Jadi, terlepas jika tidak semua track di album terdengar stand-out, tapi kolaborasi antara Skrillex dan Diplo ini terasa cukup padu. Enerji dari masing-masing musisi tersalurkan dengan cukup baik, begitu juga dengan latar belakang musik mereka. Hanya saja sepertinya masih senang bermain di zona aman mereka alih-alih mencoba hal yang baru dari proyek kolaborasi ini. Tapi, jika mengharapkan yang terbaik dari gabungan Skrillex dan Diplo, maka Jack Ü jelas bisa menjadi acuan.

(3.5/5)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s