Eden

Eden

It’s not easy for being a successful DJ!

Tanya saja Paul (the-oh-so-cute Félix de Givry) dalam ‘Eden’ karya Mia Hansen-Løve ini. Film akan menilik perjalanan hidupnya dalam mencoba eksis menjadi seorang DJ profesional. Mulai dari awal tahun 1990-an hingga tentunya di masa kini.

Agak mirip ‘Boyhood’ memang, karena sepanjang durasi film kita akan mengikuti berbagai fragmen kehidupan Paul yang melintasi tahun-tahunnya. Ia adalah sosok yang idealis, hanya mau memainkan garage house, meski di penghujung 2000-an mulai tergerus oleh trend terbaru. Manajer club tempat ia bernaung bukannya mau Paul memainkan lagu-lagu David Guetta, tapi memintanya memainkan yang kekinian saja, seperti electro misalnya. Tentunya ia menolak.

Masalah Paul bukan hanya idealisme saja, tapi tentang gagalnya ia mengurus hidupnya di “alur yang benar”, sehingga semangatnya sebagai DJ justru tidak membawa dirinya kemana-mana. Belum lagi hubungan percintaan yang kisruh dan ketergantungan akan kokain.

‘Eden’ dikerjakan Hansen-Løve karena terinspirasi oleh abangnya yang seorang DJ. Saat sekarang rasa-rasanya profesi DJ bisa dengan cepat mengubah seseorang menjadi superstar di usia muda (Martin Garrix, Zedd), menyaksikan hidup Paul memang terasa agak menyedihkan.

Inilah hebatnya Hansen-Løve. Di tangannya ‘Eden’ terasa sangat personal, intim dan lekat. Paul serasa menjadi teman yang kita bisa merasakan setiap detil emosinya.

Pada akhirnya ‘Eden’ bukan hanya bercerita tentang krisis identitas dan eksistensi, tapi juga bisa bisa menjadi catatan tentang perjalanan skena EDM, terutama house, selama dua dekade terakhitr ini.

Dan soundtracknya keren-keren!

(4/5)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s