Film Review: Hush (2016)

Hush

Home invasion. What else you can expect while it has been done to death before?

Tapi rupanya Mike Flanagan (‘Oculus’) masih ingin bercerita melalui tema yang sudah usang tersebut.

Plotnya sederhana saja, seorang penulis bisu-tuli, Maddie (Kate Siegel), harus berhadapan dengan seorang pembunuh (John Gallagher Jr, si malang dari ‘10 Cloverfield Lane’), di rumahnya yang terpencil.

Meski sederhana, tapi Flanagan rupanya cukup tangkas dalam menyusun ketegangan yang merambat. Ada beberapa karakter lain, tapi hanya sebagai “bumbu” cerita alias korban sang pembunuh.

Absennya motif membuat hadirnya si pembunuh terasa mengancam, meski secara fisik tidak ada yang istimewa. Oleh karenanya fokus film hanya pada tarik ulur emosi dari permainan cat-and-mouse mencekam antara dua karakter ini.

Memang di beberapa bagian terasa mengulur-ulur, sehingga durasi yang cuma 80 menitan terasa panjang. Syukurnya tidak terasa terlalu mengada-ada atau membosankan.

Lagi pula Siegel adalah klise final girl yang bisa kita harapkan untuk genre sejenis. Ia cukup meyakinkan sebagai sosok yang harus memutar otak saat terjebak dalam situasi berbahaya. Lemah di awal, penuh dedikasi menjelang klimaks.

Part of home invasion, part of slasher, and part of psychological thriller, ‘Hush’ a neat little chilller for those who crave a thrilling amusement.

PS.
‘Hush’ adalah satu dari tiga film horor yang dikerjakan Flanagan untuk tahun ini. Menyusul kemudian adalah ‘Before I Wake’ dan ‘Ouija 2’.

★★★½ ☆☆

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s