American Horror Story: My Roanoke Nightmare – Chapter 1

ahs-my-roanoke-nightmare

Setelah semua teaser misterius yang sama sekali tidak memberi petunjuk tentang apa dan bagaimana American Horror Story (AHS) musim ke-enam, akhirnya saat serial melakukan season premierenya Rabu kemarin, terjawablah sudah beberapa pertanyaan. Hanya beberapa memang, karena menilik episode perdana AHS yang diberi sub-judul My Roanoke Nightmare (MRN) ini, masih ada beberapa hal menggantung dan mungkin akan dielaborasi lebih lanjut di episode selanjutnya.

Yang pasti Chapter 1 MRN memiliki pendekatan relatif berbeda dengan musim-musim selanjutnya. Keuntungan sebagai serial antologi, AHS selalu bisa untuk memformat ulang dirinya. Begitu juga dengan MRN.

Disutradarai oleh Bradley Buecker berdasarkan naskah tulisan Ryan Murphy dan Brad Falchuk, serial kini mengambil konsep layaknya dokumenter yang diangkat dari kasus-kasus nyata. Ala Unsolved Mysteries, di mana karakter nyata menyampaikan narasi dan diikuti dengan sebuah reka ulang yang diperankan oleh aktor profesional. Hanya saja dalam MRN baik “karakter nyata” dan para “aktor professional” diperankan oleh aktor-aktor yang sudah dipastikan kompeten untuk “menjalankan tugas” mereka.

ahs-my-roanoke-nightmare-03

Lily Rabe dan Andre Holland berpasangan sebagai pasangan bernama Shellby dan Matt Miller yang mengisahkan tentang pengalaman mereka saat menempati sebuah rumah terpencil di tepi sebuah hutan. Sarah Paulson dan Cuba Gooding Jr. berperan sebagai diri mereka di reka ulang. Plus Angela Basset sebagai pemeran saudari Matt, Lee, sebagai pengganti Lee dalam kehidupanya nyata yang diperankan Adina Porter.

Berbeda dengan musim-musim terdahulu, MRN di episode pertama ini tampil dengan jauh lebih sederhana. Pendekatan yang dipakai pun cenderung minimalistik, serta pengenalan barisan karakter yang relatif jauh lebih kecil. Mungkin karena mengikuti format mockumentary tadi. Untungnya, ini mengizinkan MRN untuk menghadirkan aspek atmosfir mencekam dengan lebih efektif serta sisi ketegangan terjaga.

Kesimpulannya, sebagai pembukaan, Chapter 1 memuaskan. Tidak hanya mengundang rasa penasaran akan kelanjutan kisahnya, namun juga membuat bertanya-tanya, apakah kosep cerita-dalam-cerita ini akan menjadi format tetap atau akan ada pengembangan lebih lanjut?

Sebenarnya ini adalah konsep menarik, karena kita bersandar pada narasi yang sebenarnya bisa disebutkan kurang bisa diandalkan juga, mengingat beberapa inkonsistensi dalam “cerita” mereka. Menjadi pertanyaan, apakah Murphy akan tetap memiliki konsistensi menjaga stamina di sepanjang musim, mengingat dari pengalaman sudah-sudah, seri AHS cenderung mengendor menjelang pertengahan.

Kita lihat saja kalau begitu.

SPOILER

Menilik judul, besar kemungkinan MRN akan berhubungan dengan kisah menghilangnya secara misterius koloni Roaneke di tahun 1590-an. Namun, mengingat tradisi AHS dalam mengkaitkan setiap musimnya dalam sebuah benang merah, apakah MRN memiliki hubungan dengan musim ketiga, AHS: Coven? Apalagi Murphy pernah menyebutkan jika mempertimbangkan untuk mengulang tema musim tersebut, yaitu penyihir.

ahs-my-roanoke-nightmare-02

Apakah gambar di atas, yang terdapat dalam adegan MRN Chapter 1, mengingatkan sesuatu? Yup. Benar sekali. Simbol-simbol tersebut mirip akan simbol dalam The Blair Witch Project dan juga sekuelnya yang sebentar lagi tayang, Blair Witch. Kesengajaan atau tidak, jelas “misteri” ini menarik untuk ditunggu pengungkapannya.

★★★★☆

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s