Wes Anderson’s Come Together For H&M

Dua tahun sudah semenjak Grand Budapest Hotel, film panjang kedelapan sutradara ciri khas uniknya, Wes Anderson. Dan kita belum bisa memuaskan rindu akan aksi aneh dan quirky terbaru dari sosok-sosok yang biasanya ada dalam filmnya.

Syukurlah, untuk sementara kita bisa menyaksikan sebuah film pendek menyambut Natal berjudul Come Together yang menampilkan salah satu aktor langganannya, Adrien Brody, sebagai pemeran utama.

Come Together yang memiliki durasi kurang lebih 4 menit ini bukan film pendek biasa, karena sejatinya adalah promosi dari departement store besar asal Swedia, H&M.

Hanya saja, terlepas dari fungsinya sebagai video promosi atau komersial, Come Together tetap dipenuhi warna khas penyutradaraan dari seorang Wes Anderson. Nyaris tidak teraba sama sekali sisipan promosi iklan di dalamnya.

Ini tentunya bukan hal aneh, karena beberapa film pendek Wes lainnya pun dikerjakan sebagai bagian promosi produk tertentu. Seperti Prada: Candy yang dibintangi Léa Seydoux di tahun 2013 lalu misalnya.

Semua yang kita cintai dari Wes Anderson ada di sini. Mulai dari periode seting waktu yang kurang jelas, lokasi penuh warna, set dengan detil teliti, gambar-gambar simetris, penanganan kamera dengan pendekatan 3 dimensi untuk visual 2 dimensi, soundtrack lagu lawas (sesuai judul, lagu-lagu The Beatles pun dipilih sebagai mitra plotnya), serta tentunya sinisme akan afeksi yang ragu-ragu akan sisi kemanusiaan.

Sebuah film yang sangat menyenangkan untuk ditonton berulang-ulang pastinya. Lagi pula, set kereta api dimanfaatkan dengan baik oleh Wes untuk turut berperan sebagai karakter dalam film, sebagaimana The Darjeeling Limited (2007), yang juga dibintangi Brody.

Menyaksikan Come Together membuat kita berharap agar setiap iklan dikerjakan saja oleh para auteur kenamaan, agar bisa menjadi sebuah film mandiri pula, selain tugasnya sebagai sarana promosi.

Baiklah, tanpa banyak panjang lebar lagi, simak filmnya di bawah ini:

Advertisements