Riverdale: S01E04 – Chapter Four: The Last Picture Show

Jika episode lalu, Chapter Three: Body Double, menegaskan status BFF antara Betty dan Veronica, maka Chapter Four: The Last Picture Show menuntaskan subplot yang relatif kurang menarik sejauh ini, hubungan Archie dan Ms Grundy. Dan ini adalah untuk yang terbaik, karena dibandingkan arc pembunuhan Jason Blossom, dan persahabatan B&V, kisah Archie dan Ms Grundy adalah yang paling klise.

Penyelidikan Betty akan siapa sebenarnya Ms Grundy menegaskan jika sang guru muda dan cantik bukan seperti apa yang ingin ditunjukkannya kepada orang-orang. Archie masih membela sang guru dan hubungan mereka, meskipun akhirnya Ms Grundy mengakui jati dirinya yang sebenarnya.

Bukan berarti Archie begitu saja bisa melepaskan perasaanya begitu saja, terlepas dari fakta-fakta jika sang guru tercinta bisa jadi hanya memanfaatkan dirinya. Ternyata yang diperlukan adalah Alice Cooper dan rasa tidak sukanya kepada Archie. Akhirnya Ms Grundy memutuskan untuk keluar dari pekerjaanya dan pindah dari Riverdale.

R.I.P. Ms Grundy. The original.

R.I.P. Ms Grundy. The original.

Adegan terakhir yang memperlihatkan Ms Grundy (aka Jennifer Gibson), menegaskan sikap Riverdale sebagai serial remaja yang menolak konvensi happy ending tipikal dan memilih jalan yang lebih gelap dan suram. Sayang sebenarnya, karena arc Archie dan Grundy tidak dikembangkan dalam koridor gelap dan suram tadi, agar lebih berdimensi ketimbang apa yang telah disajikan dalam beberapa episode terakhir.

Jughead akhirnya mendapat bangunan cerita lebih luas. Kita akhirnya mengetahui di mana selama ini ia tinggal, sekilas tentang adinya, Jellybean, siapa ayahnya, atau kenapa ia merasa perlu untuk beraudiensi dengan Ibu Walikota Sierra McCoy untuk tidak menutup Twilight Drive-In (“Di era Netflix dan VOD, siapa yang masih menonton di drive-in?” tanya Veronica). Hence the title “The Last Picture Show”, meski bisa juga untuk mewakili berakhirnya hubungan Archie dan guru tersayang.

Riverdale juga memperkenalkan geng South Side Serpent yang kerap nongkrong di Twilight Drive-In. Sang pimpinan, Forsythe Jones II (Skeet Ulrich, Scream, The Craft), tampaknya memiliki hubungan misterius dengan ibu Veronica, Hermione. Untunglah serial tidak memperpanjang-panjang kemisteriusan tersebut dan memilih untuk mengungkapkannya melalui sesi interogasi antara Veronica dan sang ibu.

Salah satu kelebihan Riverdale adalah plot yang berjalan efisien dan ekonomis, tanpa harus bertele-tele. Dengan demikian setiap adegan efektif dalam menyampaikan maksudnya sehingga lebih renyah untuk dicerna.

riverdale-chapter-four

“I got the bullets!!”

Sisi menarik lain dari Riverdale adalah persepektif tentang para orang tua. Mungkin ada yang protektif dan sedikit berlebihan seperti Alice Cooper misalnya, misterius seperti pasutri Blossom, atau menelantarkan seperti ayah Jughead. Namun serial lebih cenderung menampilkan hubungan orang tua dan anak secara lebih sehat. Fred Andrews tentu tidak senang mendengar anaknya menjalin hubungan dengan sang guru, tapi ia tidak menghakimi dan mencoba memahami dan memberi solusi. Begitu pula dengan ayah Kevin, Sheriff Keller, yang alih-alih risih dengan orientasi seksual sang anak sebagai gay, malah mendorongnya untuk berkencan.

Adegan Kevin dan ayahnya memberi resonansi tersendiri untuk Riverdale dan menegaskan variasi dinamika antara orang tua dan anak secara lebih positif. Meski rasa-rasanya hubungan Kevin bersama dengan Joaquin (Rob Raco), yang notabene adalah anggota  South Side Serpent, akan memasuki ranah klise.

Cheryl tidak memiliki porsi banyak di episode kali ini. Hanya saja antagonisnya mulai melunak dan terasa lebih “remaja” dibandingkan biasanya. Seperti yang dikatakan Veronica kepadanya, “Threatened much? Don’t worry: You might be a stock character from a ’90s teen movie, but I’m not.Touche!

Sum it up, another excellent episode from Riverdale. Meski mungkin berniat sebaga klosur untuk hubungan terlarang Archie dan Ms Grundy (dan semoga di episode mendatang ia mendapatkan arc yang lebih baik), Chapter Four: The Last Picture Show adalah tentang para remaja dan orang tua mereka. Dan dipaparkan dengan cemerlang dalam epsiode ini.

Riverdale

Chapter Four: The Last Picture Show : ★★★★☆

Advertisements