Bates Motel: S05E01 – Dark Paradise

Bates Motel merupakan serial yang berangkat dari film thriller-horor klasik Alfred Hitchcock, Psycho (1960), yang diangkat dari novel tulisan Robert Bloch. Psycho bukan hanya tentang Norman Bates, namun juga sang ibu Norma Bates. Timbul pertanyaan, bagaimana sebenarnya hubungan antara ibu dan anak ini sebelum “insiden” dalam Psycho terjadi? Berangkat dari itu, hadirlah Bates Motel.

Tidak heran jika empat musim pertama Bates Motel menghadirkan latar hubungan Norma dan Norman Bates secara dramatis. Kadang menegangkan, kadang menyentuh. Namun akhirnya akan menuju pada satu titik, hal-hal yang terjadi dalam Psycho. Itulah yang akan kita saksikan dalam musim kelima, dan terakhir, Bates Motel.

Tentunya plot Bates Motel musim kelima tidak plek sebagaimana Pyscho, karena bagaimanapun ia telah memiliki 4 musim sebelumnya yang tentu saja memiliki kronologis yang panjang dan kemudian berakumulasi di musim ini. Hanya saja, kini kita sudah mulai memasuki ranah yang cukup familiar, meski jika menilik episode perdana, Dark Paradise, hal tersebut tidak akan terjadi secara tergesa.

Dark Paradise berseting dua tahun setelah kematian Norma Bates (Vera Farmiga), meski di benak Norman Bates (Freddie Highmore), ia senantiasa hidup. Berdua mereka menjalani kehidupan sebagai “penguasa” Bates Motel. Jika 4 musim pertama mengangkat pertanyaan “bagaimana” itu bisa terjadi, maka musim kelima adalah “mengapa”. Pertanyaan yang dengan tegas mulai diberikan Dark Paradise jawabannya.

Mengapa Norman tetap menganggap ibunya hidup, sementara mengakui kematiannya ke orang-orang adalah karena ia, dalam persona Norma, menyebutkan jika tindakan dalam “memalsukan kematiannya” adalah guna melindungi Norman dari kebengisan dunia luar. Interaksi Norman bersama alam bawah sadarnya yang berwujud dalam sosok ibundanya adalah rasionalisasi dari sikap dan motivasinya. Menariknya, pada dasarnya baik Norman dan Norman menyadari jika hubungan mereka tidak nyata, namun konsisten untuk tetap melanjutkan fasad mereka.

Farmiga dengan memukau menghadirkan Norma Bates yang intimidatif-posesif tapi penuh rasa sayang. Sementara sikap pasif-agresif Norman Bates pun tak kalah meyakinkan dibawakan oleh Highmore. Akting mereka terasa semakin tajam jika menilik konteks Norma sebagai alter-egon Norman sehingga tetap ada sisi Norman di dalam Norma dan begitu juga sebaliknya.

Selain kronika Norman-Norma, kita disajikan karakter baru, Madeline Loomis (Isabelle McNally), seorang perempuan bersuami pemilik toko cat dan sepertinya memiliki ketertarikan pada Norman. Mengingat nama belakangnya, bagi yang sudah menyaksikan Psycho mungkin sudah ada kecurigaan siapa sang suami Madeline atau bagaimana kelanjutan hubunganya bersama Norman. Safe to say, dark path is ahead of them.

Dengan demikian ini menjadikan Dark Paradise sebagai sebuah studi psikologi yang kompleks sekaligus subtil. Terlepas dari semua dramanya, serial sudah dengan baik membangun klimaks mereka dengan menabur detil yang diperlukan. Setiap elemen plot, entah horor atau drama, dihadirkan dalam porsi yang pas dan kontekstual tanpa harus saling menonjolkan diri.

Sebagai tambahan, Dark Paradise mengizinkan kita untuk mengintip perkembangan hubungan kakak tiri Norman, Dylan Masset (Max Thieriot) yang kini sudah menikah dan memiliki seorang anak bersama Emma Decody (Olivia Cooke). Di musim-musim sebelumnya sub-plot Dylan biasanya adalah yang kurang menarik, sedangkan Emma cenderung hadir untuk mengisi absen. Semoga saja di musim kali ini mereka memiliki kontribusi penting dalam perkembangan plot Bates Motel yang menuju klimaks ini. Di sisi lain, kita juga mengintip kehidupan Alex Romero (Nestor Carbonell), yang meski masih terpenjara, namun tidak bisa melupakan misi pribadinya begitu saja.

Secara umum Dark Paradise adalah awal yang baik untuk Bates Motel musim kelima, meski temponya mungkin agak sedikit berlarat. Mengingat ada kuota 10 episode yang harus dituntaskan, bisa dimengerti mengapa terjadi. Hanya saja, semoga sisa 9 episode lagi tidak melulu berisi filler, tapi juga mampu mengembangkan narasi familiar ala Psycho secara baik dan berkesan.

Bates Motel Season 5

Dark Paradise : ★★★★☆

Advertisements